-->

5 Cara Membuat Resep Makanan Diet dari Brokoli

Brokoli memang sering dikonsumsi sebagai makan sehat untuk menenami program diet sehat banyak orang. Brokoli merupakan jenis sayuran sehat yang sangat kaya antioksidan sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi, bukan hanya untuk diet melainkan untuk kesehatan tubuhs secara menyeluruh. Agar anda tidak bosan mengkonsumsi brokoli berikut 5 cara membuat resep makanan diet dari brokoli seperti dilansir dari laman vemale.com :

Resep Makanan Diet dari Brokoli

1. Resep Brokoli Rebus Untuk Diet

Membuat aneka makanan sehat untuk diet dari brokoli dengan teknis merebus cukup sederhana, cukup dengan memasukkan brokoli ke dalam panci lalu ditambahkan sedikit garam. Cara merebus brokoli yang benar yakni dengan memanaskan air dan tunggu hingga mendidih atau sekitar 1-1,5 menit kemudian angkat lalu ditirisnkan dalam sebuah mangkuk yang berisi air dingin. Anda juga bisa menambahkan beberapa es batu agar kerenyahan brokoli tetap terjaga.

Manfaat brokoli rebus untuk diet yang kaya akan serat dan memiliki kalori yang rendah yaitu sebesar 34 kalori per 100 gram merupakan solusi yang tepat untuk membuat anda merasa lebih cepat kenyang tanpa harus mengkhawatirkan berat .
Caranya yakni merendam brokoli dalam air garam terlebh dahulu sebelum ditumis. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan ulat yang mungkin saja masih tertinggal di dalamnya. Kemudian tuang sedikit minyak dalam wajan lalu panaskan dengan api sedang. Tumis brokoli dengan tambahan bumbu sampai lunak atau warnanya berubah menjadi lebih terang.

3. Membuat resep makanan diet dari brokoli dengan teknik panggang

Memanggang brokoli sangat cocok untuk dijadikan tambahan sayur ataupun juga dicampur dengan bahan lain. Saat mengolah brokoli untuk diet dengan cara memanggang ini anda perlu menggunakan suhu 220 derajat celcius untuk memanggang brokoli 20-25 menit atau brokoli berubah kecoklatan dan renyah.

4. Membuat Sup Brokoli

Salah satu Cara membuat sup brokoli untuk diet dengan mengkombinasikan brokoli dengan tahu. adapun bahan yang di siapkan adalah

  • Siapkan juga 200 gram brokoli
  • Kemudian juga Anda siapkan 150 gram tahu sutra
  • Lalu jamur kuping kering 4 buah
  • Setelah itu, paha ayam fillet 100 gram
  • Selanjutnya adalah kaldu ayam 000 ml
  • Setelah itu, 1/2 sendok makan minyak wijen
  • Lalu 1 batang daun bawang
Bumbu Untuk Brokoli Tahu

  1. Anda harus menyiapkan 5 siung bawang putih utuh yang sudah goreng
  2. Kemudian Anda siapkan juga 4 sendok teh garam
  3. Selanjutnya adalah, 2 buah cabai merah besar
  4. Lalu, siapkan juga 1/4 sendok teh merica bubuk
  5. Setelah itu, 1 sendok teh gula pasir
  6. Dan yang terakhir adalah 3 1/2 sendok makan maizena

Cara Untuk Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sup Brokoli Tahu


  1. Langkah pertamanya adalah Anda harus cuci brokoli sampai bersih, kemudian potong- potong.
  2. Iring dadu tahu putih ukurannya sesuai keingin anda saja.
  3. Kemudian filet ayam kemudian potong secara penjang, jika tidak ingin menggunakannnya Anda bisa mengganti dengan kentang ataupun ikan.
  4. Potong jamur kuping.
  5. Haluskan bawang putih yang sudah di goreng.
  6. Kemudian buang biji cabai merah besar, lalu potong serong.
  7. Kemudian larutkan maizena dengan gunakkan 3 ½ sendok makan air saja.
  8. Lalu iris bawang.

Cara Untuk Pembuatan Sup Brokoli Tahu


  1. Langkah pertamanya adalah rebus air kaldu ayam, setelah itu masukkan bawang putih yang sudah di haluskan. Tunggu sampai air mendidih dan kecium harumnya.
  2. Setelah itu, menambahkan ayam yang sudah di potong, lalu aduk hingga rata, kemudian masak sampai ayam berubah warna.
  3. Kemudian Tambahkan jamur kuping, brokoli, cabai merah, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk sampai tercampur, lalu masak sampai mendidih.
  4. Kemudian tambahkan tahu, aduk sampai rata.
  5. Lalu masukkan masukkan larutan maizena, aduk sampai mendidih.
  6. Selanjutnya adlah, taburi daun bawang dan minyak wijen.
  7. Angkat dan sajikan.

5. Membuat resep makanan diet dari brokoli dengan microwave

Cukup memasukkan brokoli yang sudah disiapkan ke dalam microwave. Tambahkan sedikit campuran kentang atau juga bisa menambahkan sedikit irisan keju atau sayuran lain. Tunggu selama 3-5 menit. Setelah itu brokoli siap untuk disajikan.

Itulah 5 cara membuat resep makana diet dari brokoli. Anda sisa memilih sesuai dengan selera anda. Jangan lupa pula membaca ulasan lain kami mengenai menu makan siang untuk diet sehat dan seimbang. Semoga bermanfaat.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: