-->

Tips Agar Diet Berhasil Terapkan Aturan 3J

Tips Agar Diet Berhasil Terapkan Aturan 3J - Diet pada dasarnya bukan hanya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan, namun memiliki manfaat lain yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Beragam cara diet yang telah berkembang saat ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Namun perlu digaris bawahi bahwa tidak semua diet bisa memberikan hasil maksimal, semuanya tergantung dari cara dan kedisipilinan anda menjalaninya. Jangan lupa pula untuk lebih mengedepankan diet yang sehat dan meninggalkan pola diet ketat, sebab justru akan berefek buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Nah berangkat dari pemaparan ini, setidaknya ada aturan sederhana yang bisa membantu anda mengenai cara agar diet berhasil. Diet yang berhasil yang dimaksud adalah bukan hanya mampu menurunkan berat badan anda, tapi juga tidak menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan.

Nah semua hal mendasar tersebut terangkum dalam aturan 3J yakni tepat jumlah,tepat jenis, dan tepat jam. berikut pemaparannya :

Tips Agar Diet Berhasil Terapkan Aturan 3J

1. TEPAT JUMLAH

Aturan 3J yang pertama sebagai langkah dari tips diet berhasil yakni tepat jumlah. Aturan tepat jumlah ini perlu dipahami sebab kebutuhan kalori setiap orang sangat berbeda antara satu sama lain. Itu sangat bergantung kedalam beberapa faktor termasuk usia,jenis kelamin, dan tentunya aktivitas yang dilakukan.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori, dapat digunakan dengan menggunakan tabel AKG atau angka kecukupan gizi Indonesia yang kemudian dikurangi atau ditambahkan kalori sesuai dengan tujuan anda.

Mengurangi jumlah kalori ditujukan untuk menurunakn berat badan, sementara menambah kalori ditujukan untuk menambah atau meningkatkan berat badan.

Pada umumnya, untuk mengurangi atau menambah berat badan, bisa dengan mengurangi atau menambah sebanyak 500 kkal sebagai langkah awal. Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa memerhatikan label makanan bila makanan tersebut adalah makanan kemasan. Sementara untuk makanan lain, manfaatkanlah aplikasi atau situs yang menyediakan informasi tentang jumlah kalori yang terdapat dalam makanan tertentu.

Sebagai pelengkap penjelasan diatas harapa baca juga : Rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh

2. TEPAT JENIS

Bagian kedua dari aturan 3J ini terkait dengan tepat jenis. Aturan ini tentu sangat berkaitan dengan jenis makanan yang di konsumsi sebab akan menentukan berhasil atau tidaknya diet yang anda jalani. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebab ketika anda salah memilih jenis makanan yang dikonsumsi saat diet, maka tentu saja akan mempengaruhi besaran berapa kilo berat badan yang turun.

Ada baiknya anda memilih jenis makanan yang tinggi akan serat ketika anda menjalani diet penurunan berat badan. Namun tetap tidak meninggalkan makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Kombinasi menu seperti sereal atau beras merah sebagai sumber karbohidrat dapat diimbangi dengan memilih sumber lemak tak jenuh dari minyak zaitun,canola, atau kacang kedelai. Untuk memenuhi sumber protein bisa dengan memilih variasi makanan dari daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, ikan, tempe, tahu dan kacang-kacangan.

Baca juga : Ingin Diet Tapi Tetap Makan Nasi? Coba Shirataki, Beras Dengan Nol Kalori

3. TEPAT JAM

Tepat jam dalam aturan 3J ini sangat erat kaitannya dengan waktu. Agar diet berhasil ada baiknya untuk mengatur jam makan anda dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Hal ini diperlukan sebab tubuh memiliki setidaknya 3-4 jam untuk mencerna makanan, oleh sebab itu mengatur jam makan setiap 3-4 jam sekali makan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hanya saja, Anda tetap harus mengingat dua aturan lain, yaitu tepat jumlah dan tepat jenis saat akan menerapkan jam makan setiap empat jam sekali. Pilih dengan benar jenis makanan yang akan dikonsumsi, bukan berdasarkan keinginan Anda, namun berdasarkan kebutuhan Anda. Dan tetapkan jumlahnya sesuai kebutuhan Anda.

Semoga tips 3J agar diet berhasil yang telah kami sajikan ini bermanfaat, semoga diet anda berhasil dan anda mendapatkan tubuh langsing ideal yang anda idam-idamkans selama ini. Salam :)

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: