-->

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa - Seiring dengan perjalanan waktu, sesuatu hal yang baru tentu akan bermunculan menemani kehidupan kita di dunia. Begitu halnya dengan diet, perjalanan waktu telah membuat program diet bermunculan dengan berbagai metode dan trik.

Diet baru tiba dan yang lainnya memudar. Namun kebiasaan makan yang baik sepertinya menjadi senjata utama dalam program penurunan berat badan ini. Waktu mungkin terus berjalan dan strategi jitu untuk memenangkan pertarungan anda dalam penurunan berat badan tidak akan pernah lepas dari upaya anda untuk terus menjaga pola makan.

Tulisan ini mengumpulkan 20 kiat klasik dari para ahli kesehatan dan gizi terkait dengan program diet. Strateginya sederhana, mungkin tidak seseksi dengan metode diet terbaru yang anda kenal saat ini, Namun para ahli itu menjamin trik-trik ini tidak akan pernah lekang oleh waktu.

1. Jangan pernah lewatkan sarapan

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Sarapan akan memberi anda banyak energi dalam menjalani hari. Sarapan sangat penting untuk menunjang diet karena mengawali hari-hari diet dengan sarapan merupakan pondasi awal untuk menentukan keberhasilan diet yang dijalani.

Namun sarapan bukan sembarang sarapan, perlu memilih jenis sarapan yang yang benar-benar sehat dan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi agar energi yang didapatkan dari sarapan bisa membantu kenyang lebih lama.


2. Menggigit Bukan Melahap !

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Gunakan aturan tiga gigitan dengan hidangan penutup, Lakukan tiga gigitan kecil kemudian letakkan karpu anda. Kunyah makanan anda secara perlahan, ini akan membuat makanan anda lebih mudah diserap oleh tubuh.

3. Bakar Kalori Anda

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Selama latihan, beristirahat tidak lebih dari 30 detik diantara latihan. Itu akan secara dramatis berbenturan dengan pembakaran kalori anda.

4. Hindari Makan Tengah Malam

Gunakan 3 jam sebelum tidur sebagai waktu yang tepat untuk makan malam anda. Metabolisme tubuh anda akan melambat saat anda tidur. Hal ini perlu, agar tubuh anda membakar kalori, bukan menyimpan lemak.


5. Jangan Lupakan Latihan Barbel

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Latihan barbel akan berguna untuk membantu anda membentuk otot. Latihan ini juga bermanfaat meningkatkan kekuatan tubuh dan mempercepat metabolisme tubuh anda.

6. Tanyakan keinginan Anda

Sebelum Anda makan, tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah saya lapar?" Jika rasa lapar itu hanya berawal dari keinginan, maka rasa lapar anda tidak akan pernah terpuaskan.

7. Jaga Pola Tidur

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Setidaknya gunakan enam sampai delapan jam tidur di malam hari. Tanpa itu, ghrelin meningkat dan ini akan meningkatkan pula nafsu makan, yang tentunya akan berdampak pula pada kenaikan berat badan. 

Jangan lupa gunakan waktu istirahat siang anda dua sampai tiga menit untuk berlatih latihan pernafasan. latihan ini akan mengurangi hormon stres kortisol yang bisa merusak emosi anda.

8. Latih Otak Anda

Latih otak anda lebih spesifik terhadap tujuan anda untuk menurunkan berat badan. Otak bisa mendeteksi keinginan,kemauan,kehendak dan kebutuhan anda. Jadi cobalah untuk lebih spesifik, sehingga otak anda mampu bekerja aktif untuk memberikan informasi akan hal itu.

9. Konsumsi Banyak Sayuran

Mengkonsumsi banyak sayuran akan menunjang diet anda. Sayuran kaya akan antioksidan alami yang bisa mendetoks tubuh anda dari racun atau toksin yang lama menumpuk dalam tubuh. Salah satu faktor utama penyebab susahnya turun berat badan karena toksin yang menumpuk yang membuat sistem metobolisme menurun. Ini berarti proses pembakaran lemak juga menjadi kurang optimal.

10. Katakan Tidak Pada Cemilan

Cemilan bisa menjadi hoby yang membuat bobot tubuh anda terus saja naik. So katakan tidak pada cemilan.

11. Buat Catatan

Membuat jurnal makanan. Menurut sebuah studi 2012 di Journal of Academy of Nutrition and Dieteticsanita pelaku diet yang melakukan trik ini kehilangan £ 6 lebih rata-rata.

12. Buat Makan siang Anda Sendiri

Menurut sebuah studi 2012 di Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, pelaku diet yang makan untuk makan siang bahkan seminggu sekali rata-rata rata-rata kehilangan £ 5 lebih.

13. Tambah Latihan Untuk Lengan Anda

Ketika Anda melakukan latihan treadmill, tambahkan latihan lengan dengan beban ringan untuk meningkatkan pembakaran kalori Anda.

14. Say No to Soda

Ini minuman yang wajib anda hindari. Soda sama sekali tidak memiliki gizi sedikit pun, namun efeknya cukup signifikan terhadap tubuh terkait dengan penambahan berat badan. 

15. Serat dan protein

Penuhi kebutuhan tubuh anda dengan banyak serat dan protein. Konsumsi banyak sayuran,kacang-kacangan atau biji-bijian untuk memenuhi serat dan protein yang cukup bagi tubuh anda.

16. Lewatkan Garam 

Jika karbonasi berefek pada kembungnya perut anda selama berjam-jam bahkan berhari-hari, Garam atau natrium memegang peranan penting dalam menyerap banyak cairan dalam tubuh anda. Ini akan membuat anda lebih cepat dehidrasi.

17. Makan Buah Saat lapar

Ini trik yang cukup jitu untuk memenuhi hasrat makan anda. Saat anda lapar namun jam makan belum masuk, tidak ada salahnya anda makan buah. Buah apel bisa menjadi pilihan yang tepat.


18. Tidak ada karbohidrat setelah makan siang 

Tidak ada karbohidrat setelah makan siang adalah salah satu aturan yang paling sulit diikuti. Tapi jika Anda mengikuti aturan ini ANDA AKAN bisa menurunkan berat badan.

19. Hitung Kalori Anda

Menghitung kebutuhan kalori anda akan bermanfaat dengan program diet anda. Ini akan berguna untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan kalori anda setiap hari.


20. Biasakan berjalan kaki

20 Trik Diet Terbaik Sepanjang Masa

Berjalan kaki 15 menit setelah makan cukup membantu anda membakar 100 kalori lebih cepat.

Semoga 20 trik diet terbaik sepanjang masa yang telah diulas dalam tulisan ini memberikan referensi berharga untuk anda dalam menjalankan program penurunan berat badan anda.

Tulisan ini disadur dari health.com artikel aslinya dapat anda baca disini.

Salam sehat. Jangan lupa dishare untuk orang-orang terdekat. :)

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: