-->

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Jika anda benar-benar memiliki niat untuk menurunkan berat badan atau menjaga bentuk tubuh tetap ideal, faktor utama dan menjadi wajib anda lakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat, melakukan latihan secara rutin serta menjaga kecukupan waktu istirahat anda. 

Dan memang jika diperlukan untuk mendukung hasil latihan yang maksimal, tidak ada salahnya menambahkan suplemen. Namun yang perlu anda pertimbangkan adalah jangan sembarangan memilih suplemen sebab terkadang ada juga suplemen yang memiliki efek buruk bagi kesehatan (baca juga : 10 Daftar Suplemen Diet Berbahaya Yang Wajib Anda Hindari)

Rutin latihan menjadi faktor utama penurunan berat badan. Anda dan fitnes mania lain mungkin sudah paham bahwa latihan menjadi pembasmi lemak berlebih paling efektif.

Selain dengan latihan yang rutin, penurunan berat badan pastinya akan lebih optimal dengan pengaturan makan (diet) yang tepat. Diet di sini bukan berarti mengurangi jadwal makan atau menyiksa Anda dengan berlapar-lapar setiap hari.

Kosep pola makan seperti itu sebaiknya segera Anda hindari. Justru, pola makan yang baik untuk menurunkan berat badan adalah makan lebih sering yang dimaksudkan untuk menjaga metabolisme tubuh Anda. 

Lantas seperti apakah kebiasaan-kebiasaan yang perlu anda terapkan untuk menurunkan berat badan :

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Anda Setiap Hari

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Mengapa ini diperlukan ? Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang lebih banyak setiap hari itu artinya membantu program diet yang anda jalani. Kebutuhan tubuh akan serat akan tercukupi dari buah dan sayuran yang kita konsumsi.

Kandungan serat dalam buah dan sayuran memiliki efek memberi kenyang lebih lama, sehingga perut tidak mudah lapar. Selain itu buah dan sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Dengan kata lain mengkonsumsi sayuran dan buah bukan hanya membantu program menurunkan berat badan tetapi juga untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. (baca juga : 4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet)

2. Sisipkan Latihan Beban Minimal 3 kali Seminggu

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu cara yang benar-benar ampuh menurunkan berat badan adalah dengan melakukan latihan beban. Anda tidak diharuskan untuk berlatih setiap hari di gym. Namun sebaiknya, Anda melakukan latihan beban minimal tiga kali dalam seminggu.

Pada masa ini, Anda masih memberikan stimulus pada tubuh Anda untuk mengurangi lemak sambil meningkatkan atau menjaga massa otot Anda.

Memiliki massa otot lebih banyak berarti tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga otot-otot tersebut tetap berfungsi dan sehat. Ini juga berarti bahwa semakin banyak serat otot, maka tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak. Lakukan latihan selama tiga hari dengan waktu selang-seling tiap minggunya.

3. Tetap Aktif Meskipun Tidak Sedang Latihan

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Jika biasanya waktu offdari latihan Anda habiskan dengan istirahat total atau kurang bergerak, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut.

Ganti kebiasaan Anda dengan lebih banyak gerak saat off dari latihan. Lebih banyak gerak ini bisa meliputi latihan di atas mesin kardio selama 30 menit, atau sekedar untuk berjalan-jalan, hiking, sepeda gunung, atau aktivitas lain yang Anda minati.

Coba kegiatan apa saja asalkan Anda tetap dapat menikmatinya. Jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, Anda mungkin lebih sering untuk bergerak secara konsisten.

4. Konsumsi Protein Lebih Banyak dari Sebelumnya

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Jika anda memiliki tujuan untuk mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, maka anda perlu menambahkan lebih banyak protein dalam setiap menu harian atau snack yang anda konsumsi.

Fungsi utama protein adalah membentuk semua sel dan jaringan tubuh. Tapi di samping itu, protein juga punya manfaat lain yaitu membantu meningkatkan proses metabolisme termasuk pembakaran lemak. Tidak hanya itu, protein juga sangat baik untuk kesehatan kulit, rambut, dan kuku Anda.

Sumber-sumber protein bisa anda dapatkan melalui ikan, daging, unggas, telur, susu, kacang-kacangan atau biji-bijian. ( Baca ini : 7 Makanan Terbaik Sumber Protein Tinggi Untuk Diet)

5. Tetap Fokus dan Disiplin

5 Kebiasaan Yang Anda Butuhkan Untuk Turunkan Berat Badan

Banyak orang yang seringkali mengalami kegagalan saat menjalankan program diet karena kurang fokus dan disiplin. Untuk itu tanamkan dalam diri anda sikap disiplin. Jangan gampang putus asa, sebab hasil yang anda dapatkan nantinya sangat erat kaitannya dengan seberapa besar usaha anda seberapa kuat sikap disiplin anda menjalan setiap tahapan dari program diet yang anda jalani.

Semoga informasi ini bermanfaat, salam hangat !

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: