-->

Cara Terbaik Melakukan Diet Sup Kubis Selama 7 Hari

Apa Itu Diet Sup Kubis ?


Diet sup kubis merupakan salah satu metode diet yang ketat yang memang di rancang Selama 1 minggu untuk menurunkan berat badan. Metode diet sup kubis mengharuskan anda untuk mengkonsumsi sup kubis dalam jumlah yang banyak selama 7 hari dengan hanya menambahkan sedikit menu diet pelengkap berupa sayuran,sedikit buah,daging ayam, serta nasi.

cara diet dengan sup kubis

Banyak pelaku diet sup kubis yang mengaku mampu menurunkan hingga 4-5 kg selama seminggu dengan metode diet yang cukup radikal ini. Salah satu artis Kpop yang terkenal bernama Park Bom pernah melakukan diet dengan sup kubis untuk menurunkan berat badannya. Kandungan air yang ada dalam kubis membuatnya dapat menahan rasa lapar dan mengurangi kebiasaan ngemilnya. (Baca juga : Kumpulan sup pembakar lemak untuk diet)


diet kubis park bom
Artiks Kpop Park Bom Menjalankan diet sup kubis untuk menurunkan berat badannya

Kubis memang dikenal sebagai salah satu sayuran yang banyak digunakan untuk diet sebagai menu makanan karena kaya akan kandungan air yang tinggi, mengandung banyak vitamin A,B, C dan E, Kaya akan serat sehingga cukup baik untuk mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

Nah jika anda tertarik ingin menjalani diet dengan sup kubis ini, maka artikel berikut akan menyajikan buat anda mengenai panduan melakukan diet kubis selama satu minggu. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Diet dengan Sup Kubis Selama Satu Minggu


1. Persiapan dan Resep Sup Kubis Untuk Diet

Langkah pertama yang harus anda siapkan salam melakukan diet sup kubis adalah dengan mengolah kubis menjadi sup. Cara membuat sup kubis untuk diet cukup mudah. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah :

6 helai daun bawang yang telah di potong dan dihaluskan
2 buah paprika hijau, potong kecil-kecil berukuran dadu
2 kaleng tomat
1 ikat daun seledri yang dipotong halus
250 gram jamur yang di potong kecil
1/2 kepala kubis, potong halus
3 buah wortel, iris tipis
1 atau 2 kaldu blok/kaldu sayuran (opsional), ditambah garam dan lada sebagai perasa.
Untuk menambah rasa: bubuk cabai, bubuk kari, campuran rempah, dan bumbu lainnya .

Cara Memasak Sup Kubis Untuk Diet

Sup kubis ini cukup mudah dibuat. Pertama-tama, potong-potong semua sayuran kemudian tumis sebentar dengan minyak zaitun di dalam panci besar. 

cara mengolah kubis untuk diet
sumber:wikihow

Masukkan potongan bawang bombai dan biarkan hingga transparan sebelum menambahkan paprika hijau dan kubis. Aduk-aduk semuanya di dalam panci hingga mulai layu.

Selanjutnya, tambahkan potongan wortel, jamur, dan seledri. Tambahkan bumbu kemudian aduk rata.

Jika menggunakan tomat kalengan, tuangkan tomat ke dalam panci.

Tuangkan air untuk merendam semua bahan dan didihkan.

Pertimbangkan untuk menambahkan kaldu blok atau kaldu kering untuk memberi rasa.

Biarkan sup mendidih selama beberapa jam.

Cicipi dan berikan bumbu setelah sup mengental sesuai selera.

2. Buah dan sayuran sebagai pelengkap menu diet sup kubis

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, menjalani diet kubis anda memang dituntut untuk mengkonsumsi sup kubis dalam jumlah yang banyak. Namun bukan berarti anda tidak bisa mengkonsumsi makanan lainnya.

Olehnya itu agar efek diet sup kubis maksimal maka anda harus dapat mengkombinasikannya dengan buah dan sayuran lainnya di hari-hari tertentu. (Baca juga : Olahan Sup Seledri Untuk Diet)

Salah satu jenis sayuran yang disarankan saat menjalani diet sup kubis ini adalah Brokoli dan bayam Kedua jenis sayuran ini dipilih karena kaya akan kandungan zat besi yang tinggi.

Selain itu jangan gunakan jenis sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak seperti kacang kering atau pun jagung manis. 

3. Menulis Rencana Diet.

cara mengolah kubis untuk diet

Agar menjalankan diet sup kubis selama satu minggu dapat berjalan dengan lancar, maka ada baiknya anda menulis semua hal-hal yang berkaitan dengan program diet sup kubis anda. Tulislah semua rencana menu makanan yang anda perlukan dan tempel atau menggantungnya di sekitar dapur atau di pintu lemari es. Hal ini tentu akan memudahkan anda melakukan diet kubis sesuai sesuai rencana yang telah anda buat.

Tips dan Panduan Bagaimana Cara Mengkonsumsi Sup Kubis Untuk Diet Selama 7 hari


Mengawali diet sup kubis yang benar adalah faktor utama yang sangat mempengaruhi diet anda. Oleh karena itu anda perlu memahami bagaimana langkah-langkah yang benar melakukan diet dengan sup kubis ini dari hari pertama sampai hari ketujuh. Berikut ini kami sajikan panduannya untuk anda.

1. Hari Pertama 

Pada hari pertama tentu saja anda harus mengkonsumsi sup kubis sebagai menu makanan utama sepanjang hari. Anda dapat menambahkan beberapa buah-buahan seperti apel,jeruk,anggur atau buah lainnya, tapi INGAT jangan pernah mengkonsumsi buah pisang pada hari pertama saat menjalankan diet dengan sup kubis ini

2. Hari Kedua

Memasuki hari kedua tentu saja sup kubis tetap menjadi menu makanan utama. Dihari kedua ini ganti konsumsi buah dengan menambahkan sayuran hijau sebagai menu pelengkap.

Anda dapat mengkonsumsi sayuran tersebut dalam keadaan mentah atau dengan merebusnya terlebih dahulu.

Misalnya dengan rebusan brokoli atau bayam, atau dengan menambahkan kentang panggang yang disajikan dengan semangkuk sup kubis.

3. Hari ketiga

Memasuki hari ketiga ini, anda mungkin sudah mulai mengalami rasa bosan dengan aroma sup kubis. Untuk menyiasatinya maka di hari ketiga ini anda dapat mengkombinasikan sup kubis dengan berbagai macam sayuran dan buah. Kandungan kalori yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat rendah jadi anda boleh mengkonsumsi dengan jumlah yang cukup banyak.

tips :  hindari mengkonsumsi buah pisang dan kentang pada hari ketiga

4. Hari Keempat

Memasuki hari keempat berarti anda telah mencapai setengah perjalanan dalam program diet sup kubis selama seminggu. Di hari ke empat ini anda boleh mengganti menu dengan menambahkan buah pisang atau juga dengan minum susu skim. Tentu saja sup kubis tetaplah menjadi menu utama anda sepanjang hari.

5. Hari Kelima

Dihari kelima anda sudah bisa menambahkan beberapa menu makanan lain kedalam menu diet anda. Anda boleh makan sedikit daging dan tomat.
Jangan lupa untuk memilih daging ayam atau sapi yang rendah lemak.Jika memilih ayam pilh daging ayam tanpa kulit.
Di hari kelima ini anda juga bisa mengkonsumsi tomat tapi jangan lebih dari 6 buah.
Konsumsi sup kubis minimal 1 kali sehari.
Minum air putih 6-8 gelas sehari

6. Hari keenam

Anda boleh mengonsumsi daging lagi di hari keenam. Jika mengonsumsi daging ayam di hari kelima, lanjutkan dengan daging sapi rendah lemak di hari keenam. Kombinasikan daging sapi rendah lemak dengan banyak sayuran atau salad. 

Anda sebaiknya mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kale atau bayam bersama daging sapi.

Daging sapi dan sayuran adalah pelengkap, bukan pengganti sup kubis.

Jangan konsumsi kentang pada hari ini.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan minyak saat memasak daging sapi.

7. Hari Ketujuh

Akhiri dengan nasi pilihlah beras merah dan tambahkan sayuran di hari ketujuh. Sekarang, Anda sampai di hari terakhir dalam diet sup kubis. Anda boleh merayakannya dengan menikmati sup kubis bersama nasi merah dan sayuran. 

Semangkuk kecil nasi cokelat bersama sayuran berdaun hijau seharusnya sudah cukup melengkapi hidangan sup kubis harian Anda

Di hari ini, Anda juga boleh minum sari buah tanpa pemanis.

Membuat sari buah sendiri akan menjamin tidak ada kandungan gula tambahan, sekaligus menghasilkan sari buah segar yang lezat.

Jangan lanjutkan diet melebihi 7 hari.

Peringatan Menjalankan Diet dengan Sup Kubis 


Diet sup kubis memang dapat menurunkan berat badan secara drastis, namun berat badan air dan jaringan tanpa lemaklah yang kemungkinan besar akan hilang. bukan lemak !!

Jika anda memutuskan menjalankan diet sup kubis, maka JANGAN PERNAH menjalankan diet ini lebih dari satu minggu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebab saat anda menjalani diet kubis ini maka jelas tubuh anda akan kekurangan asupan karbohidrat kompleks,mineral,protein dan vitamin yang dapat membuat tubuh anda akan merasakan letih dan lemas yang cukup signifikan.

Program diet dengan sup kubis adalah metode diet yang bersifat jangka pendek jadi tidak akan memberikan hasil yang bertahan dalam jangka panjang. 

Jika anda ingin menjalankan diet sup kubis ini maka tentu saja anda perlu kesiapan mental dan fisik, lakukan konsultasi terlebh dahulu untuk mendapat saran terbaik mengenai diet ini. 

Saat anda menjalani diet ini pastikan mengkonsumsi air sebanyak-banyaknya sepanjang hari. Jauh segala minuman yang mengandung alkohol dan berkarbonasi. (Baca juga : diet sup kubis Park Bom)

Itulah sekilas uraian mengenai cara diet dengan sup kubis selama satu minggu yang dapat kami sajikan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat. 

Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami lainnya. Salam sehat !
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: