-->

Kenali Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Anda

image via :fimela.com

Kenali Bahaya Perut Buncit Bagi Kesehatan Anda - Coba perhatikan perut Anda di depan cermin. Apakah Anda merasa perut Anda buncit dan berlemak? Nah, ini saatnya Anda kenali bahaya perut buncit agar Anda bisa segera mengambil langkah2x yg tepat untuk terhindar dari risiko gangguan kesehatan yg mengintai!

Perut buncit, yg juga dikenal sebagai obesitas sentral (central obesity), merupakan akumulasi lemak di perut yg mengakibatkan peningkatan ukuran perut dan daerah di sekitar pinggang. Obesitas sentral telah lama terbukti memiliki kaitan dgn munculnya berbagai masalah kesehatan. Lantas, apa yg menyebabkan terjadinya obesitas sentral ini?

Lemak Visceral Pada Perut Buncit

Lemak dalam tubuh terbagi dalam dua jenis. Ada lemak subkutan, lapisan lemak yg terletak tepat di bawah kulit. Kemudian ada juga lemak visceral yg juga disebut lemak intra abdominal, yg tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital, termasuk di dalam perut buncit Anda. Lemak ini akan dimetabolisme di hati yg kemudian akan diubah menjadi kolesterol darah, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Apa Penyebab Timbunan Lemak Visceral di Perut?

Beberapa faktor penyebab menumpuknya lemak di perut Anda:

• Faktor genetik
• Kebiasaan konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi
• Konsumsi lemak jenuh berlebih
• Kurang olahraga dan aktivitas fisik
• Stres, dan sebagainya

Baca juga : 7 Kebiasaan Sehabis Makan Yang Bikin Tubuh Makin Gemuk

Risiko Kesehatan Akibat Perut Buncit

Obesitas sentral sendiri sebenarnya dikategorikan sebagai penyakit yang memberikan banyak dampak negatif, baik bagi kesehatan fisik hingga psikologis Anda. Berikut ini beberapa penyakit yg bisa diakibatkan oleh obesitas sentral.

• Kematian Dini

Menurut Centers for Disease Control (CDC), sekitar 300.000 kematian per tahun di Amerika diperkirakan terjadi berkaitan dgn obesitas. Orang yg mengalami obesitas memiliki 50-100% peningkatan risiko kematian dini dibandingkan dgn orang dengan berat badan yg sehat.

• Penyakit Jantung

Risiko serangan jantung, gagal jantung, kematian mendadak, ataupun nyeri dada akibat penyakit jantung meningkat pada orang yg kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas. Obesitas juga dikaitkan dgn tekanan darah tinggi, kadar trigliserida yg tinggi, dan penurunan kolesterol HDL (kolesterol baik).

• Stroke

Aterosklerosis, atau penyempitan pembuluh darah, yg dapat menyebabkan pembekuan darah, adalah kondisi yg mengawali banyak kasus stroke. Aterosklerosis dipicu oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan kurang olahraga. Obesitas juga dikaitkan dgn diet atau pola makan yg tinggi lemak, meningkatnya tekanan darah, dan kurang olahraga. Jadi obesitas sekarang dianggap sebagai faktor risiko sekunder yg dapat mengakibatkan stroke.

• Diabetes Tipe 2

Kenaikan berat badan sebesar 5-10 kg dari berat badan yg sehat akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar dua kali lipat daripada orang yg tidak mengalami kelebihan berat badan. Lebih dari 80 persen penderita diabetes diketahui mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas.

Itulah beberapa bahaya perut buncit bagi kesehatan tubuh kita, dan tentu saja jika dibiarkan ini berdampak negatif bagi kesehatan
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: