-->

Ingin Sukses Menurunkan Berat Badan? Jangan Fokus Pada Latihan Semata

Marilangsingalami.com -  Artikel ini disadur dari tulisan JJ Virgin seorang ahli gizi dan kebugaran kenamaan yang dipublikasikan dalam laman mindbodygreen.com yang mengungkap bagaimana seharusnya cara yang benar untuk menurunkan berat badan.

Ingin Sukses Menurunkan Berat Badan? Jangan Fokus Pada Latihan Semata

Dalam tulisan tersebut JJ virgin mengungkapkan jika ingin sukses menurunkan berat badan jangan hanya fokus pada latihan semata. Anda mungkin termasuk orang yang berjuang keras melakukan banyak latihan demi membakar lebih banyak lemak dalam tubuh anda. Cara itu tidak salah, namun jika hanya fokus pada latihan saja, prosesnya akan lebih lama dan kemungkinan anda akan merasa lelah dan putus asa sebab usaha anda belum menunjukkan hasil yang maksimal. (baca juga : Ikuti Diet OCD Deddy Corbuzier, Wanita Ini Sukses Turun 13 Kg )

Untuk itu JJ mengungkapkan jika anda ingin sukses menurunkan berat badan yang perlu dilakukan adalah merubah fokus anda. JJ membagi tiga hal penting yang perlu dilakukan jika ingin mencapai berat badan ideal :

1. Fokus dan Disiplin

Anda harus lebih fokus dan disiplin dan sadar jika kehilangan berat badan adalah proses dari program diet yang anda jalani. Mungkin saja di awal perjalanan saat anda melakukan diet, anda telah mengambil keputusan bagaimana mengatur pola makan anda, tidur minimal 8 jam, berusaha mengendalikan stress dan menjauhi gula.

Namun kedisplinan untuk tetap menjalankan program diet terkadang menjadi masalah. Hari ini anda mengatur pola makan anda, namun keesokan harinya anda meninggalkannya. Cara ini tentu tidak akan berhasil menurunkan berat badan anda meskipun anda telah berjuang keras melakukan banyak latihan.

Diet pada dasarnya adalah program yang dirancang untuk membantu anda menurunkan berat badan, sementara latihan menjadi elemen pendukung untuk manajemen berat badan dan kesehatan secara menyeluruh untuk jangka panjang.

2. Mulailah memikirkan apa yang akan anda makan

Ada begitu banyak tipe diet yang menjanjikan hasil yang maksimal. Namun pada dasarnya semuanya bertumpu dari apa yang anda makan. Tipe diet apapun yang anda lakukan makanlah yang menjadi indikator dari keberhasilan anda.

Untuk itu anda perlu lebih teliti dengan segala hal yang anda akan konsumsi. Makanan yang mengandung banyak gula, minuman bersoda dll adalah salah satu dari banyak makanan yang mesti anda hindari. Saat berbelanja anda wajib membaca label kemasan untuk memastikan kandungan yang terdapat dari makanan itu. ( baca juga : Resep Menu Diet Sehat Mango Crab )

3. Setelah Menetapkan Pola Makan Yang Sehat, barulah menambahkan Latihan ke dalam jadwal anda 

Setelah anda tahu bagaimana menjaga pola makan, saatnya anda mulai menambahkan porsi latihan ke dalam jadwal anda sehari-hari. Latihan diperlukan untuk membentuk badan anda lebih ramping, kencang dan berotot.

Latihan juga sangat penting untuk mendukung manajemen berat badan untuk jangka panjang. Sebab latihan akan  meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar lebih banyak kalori dari lemak sepanjang hari.

Jadi tiga poin penting yang utama agar berhasil menurunkan berat badan untuk jangka panjang adalah menjalani program diet yang sehat dengan mengatur pola makan, latihan yang konsisten dan istirahat yang cukup.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: